Manfaat cacing Lumbricus Rubellus

16.41

Manfaat cacing Lumbricus Rubellus – Nama cacing Lumbricus Rubellus mungkin memang tidak terdengar akrab ditelinga kita, namun pasti sudah sering dilihat. Cacing ini dikenal sebagai salah satu spesies cacing tanah dari 1.800 spesies cacing lain. Mudah sekali untuk menemukan hewan panjang dan licin ini. Namun, bagi sebagian orang, cacing merupakan salah satu binatang yang menjijikan dan tidak pantas untuk dipelihara, apalagi untuk dimakan. Namun dibalik itu semua, ternyata banyak sekali manfaat yang dihasilkan oleh cacing berwarna merah terang ini.

Banyak peneliti yang tertarik untuk meneliti hewan yang hidup ditanah lembab dan gembur ini, dan hasilnya sangat bertolak belakang dengan penampilannya. Cacing tanah terbukti mengandung protein yang cukup tinggi, salah satunya cacing lumbricusrubellus, yang mengandung protein  sejumlah 76%, dan memiliki 40 jenis protein yang berbeda dalam setiap cacingnya. Bahkan protein dalam cacing mengalahkan protein pada ikan dan daging mamalia umumnya. Dengan protein setinggi itu, cacing lumbricus rubellus mempunyai segudang manfaat bagi mahluk hidup, antara lain:
1.   Sebagai obat berbagai macam penyakit
Banyak penyakit yang biasanya diobati dengan obat-obatan kimia, seperti halnya  antibiotik. Namun, antibiotik sendiri menyembuhkan penyakit dengan cara membunuh sel-sel baik maupun sel-sel buruk dalam tubuh. Namun, cacing lumbricus rubellus sendiri mengobatinya dengan cara membunuh sel-sel bakteri buruk dan membuat dinding sel-sel baik, sehingga tidak menganggu metabolisme sel baik.
Banyak penyakit yang bisa disembuhkan dengan cacing lumbricus rubellus seperti, tifus, demam, stroke, kolestrol, diabetes, jantung, batu ginjal, cacar air dan masih banyak lagi.
Ternyata sebelum penelitian secara sah pun, orang zaman dulu di beberapa negara, sudah mempercayai khasiat dari cacing merah ini. Orang Mesir Kuno dulu, mempercayai cacing sebagai hewan yang suci, karena dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit.

2.   Makanan sehat
Di beberapa Negara di belahan dunia seperti Asia dan Afrika, cacing lumbricus rubellus banyak digunakan sebagai camilan sehat. Biasanya, cacing akan digoreng atau dikeringkan. Cemilan ini dipercaya dapat mencegah penyakit diare yang mengakibatkan kematian dan meningkatkan kekebalan tubuh. Di benua Afrika, cemilan ini sangat menurunkan angka kematian yang disebabkan oleh diare. Selain cemilan, di Eropa cacing ini juga mempunyai resep tersendiri, dengan di goring dengan tepung atau dengan mentega. Kebanyakan orang sana pun merasa masakan cacing ini sangat enak. Penasaran? Anda pun bisa langsung praktek sendiri di dapur kesayangan anda di rumah.

3.      Pakan dan umpan hewan
Sudah bukan rahasia lagi. Selain bermanfaat untuk manusia, hewan yang memiliki 5 jantung ini juga bermanfaat untuk pakan hewan. Cacing lumbricus rubellus biasanya digunakan untuk umpan memancing, untuk pakan ikan, burung dan ternak seperti bebek, ayam, lainnya. Karena protein yang tinggi didalamnya dapat meningkatkan kualitas dari hewan ternak itu sendiri. Selain itu, saat burung memakan cacing lumbricus rubellus, dipercaya dapat menumbuhkan produktifitas burung tersebut dalam berkicau.
Untuk ikan sendiri, cacing dikenal sebagai umpan favorit para pemancing. Selain murah dan mudah ditemukan, hewan yang sekali berkembangbiaknya bisa menghasilkan 1500 bibit baru ini, dirasa tahan lama dibandingkan dengan umpan-umpan lain, termasuk umpan buatan.

4.      Penyubur tanaman
Habitat cacing merah ini biasanya ditemukan didalam tanah gembur. Cacing ini termasuk sangat menguntungkan dalam dunia perkebunan, karena dapat membantu untuk menyuburkan tanah dan membuat tanah yang ditanami tanaman itu gembur, sehingga tanaman dapat tumbuh baik. Cacing lumbricus rubellus akan memakan bahan-bahan organik diatas tanah dan nantinya saat ia menuju ke dalam tanah, ia pun membuat pori-pori atau rongga-rongga dalam tanah. Setelah itu, kotoran yang ia keluarkan dibawah tanah, juga menghasilkan pupuk kompos yang baik bagi pertumbuhan tumbuhan itu sendiri.
Cacing lumbricus rubellus biasanya juga dijadikan bahan pembuatan pupuk kompos oleh para petani.


5.      Bahan kosmetik
Karena kandungannya yang sangat bermanfaat, dizaman modern ini banyak kosmetik yang mencampurkan cacing yang sudah diolah dalam bahan pembuatannya. Biasanya, cacing ditambahkan untuk produk pemutih, pelembab, dan lainnya.

6.      Penambah napsu makan
Selain obat-obatan, cacing juga dapat digunakan untuk obat penambah napsu makan pada anak. Biasanya, cacing akan diolah untuk menjadi jamu penambah napsu makan. Seperti contohnya di daerah Madura. Disana banyak anak-anak yang akan mencari cacing, untuk dibuat menjadi jamu.

              Pasti anda sudah tidak asing lagi mendengar nyanyian ‘cacing-cacing diperut, curi semua nutrisi’. Lagu tersebut diarahkan untuk penyakit cacingan. Penyakit ini memang sangat terkenal dan bisa menyerang siapa aja, anak-anak maupun orang dewasa. Biasanya, seseorang yang terserang penyakit ini mengalami penurunan berat badan, badannya kurus namun perutnya buncit. Penyakit ini sangat berbaya bagi kesehatan. Namun, penyebab cacingan sendiri bukan dikarenakan cacing lumbricus rubellus, namun lebih ke kebersihan makanan dan minuman yang dikonsumsi oleh penderita. Sebaliknya, cacing lumbricus rubellus malah memberikan banyak dampak-dampak positif bagi kehidupan mahluk hidup. Jadi, jangan langsung menyalahkan anak anda saat menemukan cacing, dengan alasan nanti akan terkena penyakit cacingan.

              Itulah tadi beberapa Manfaat cacing Lumbricus Rubellus semoga berguna bagi anda sekalian yang memang sedang membutuhkan info tentang cacing Lumbricus Rubellus ini.

You Might Also Like

0 comments

Like us on Facebook