Cacing Sebagai Umpan Memancing

04.07

Cacing sebagai Umpan Memancing – Memancing adalah salah satu kegiatan untuk melatih kesabaran. Tidak sedikit orang yang kurang menyukai aktifitas ini. Namun, tak kalah banyak juga yang menyukainya dan malah menjadikannya sebagai hobi. Penggemar memancing juga pasti tidak asing lagi dengan salah satu umpan kesukaan ikan ini, yaitu cacing.

Cacing memang dikenal dengan hewan yang sangat mudah ditemukan dan memiliki harga yang murah. Tidak heran, cacing menjadi salah satu hewan yang terkenal dikalangan para pemelihara hewan, terutama burung dan ikan. Cacing biasanya digunakan untuk pakan burung peliharaan, agar suaranya terdengar bagus serta tubuh burung yang menjadi fit dan sehat. Read More...
Selain burung, penggemar ikan dan memancing pasti sudah tau manfaat hewan mungil ini. Biasanya cacing juga digunakan untuk umpan ikan saat memancing. Namun, mengapa cacing? Apakah manfaat cacing untuk ikan?
Cacing seringkali digunakan sebagai umpan memancing karena sangat simple. Cacing banyak ditemukan di tanah, ataupun dapat dibeli dengan harga murah. Intinya, cacing tidak seribet umpan memancing lainnya, seperti lumut. Cacing juga sangat pas digunakan untuk memancing, tetapi hanya untuk ikan air tawar saja, seperti tempat pemancingan umum, sungai, waduk, bahkan sawah untuk memancing belut.
Jenis-jenis cacing yang biasanya digunakan untuk umpan memancing:
1.      Cacing merah
Cacing ini juga biasa disebut Lumbricus Rubellus. Bisa ditemukan dipenjual atau peternak cacing, maupun ditanah gembur. Namun gerakan cacing ini sangat lincah, sehingga cukup membuang tenaga saat akan menusukan ke kail.
2.      Cacing tanah
3.      Cacing fosfor
4.      Cacing bayam, dll

Jenis-jenis ikan yang menyukai cacing sebagai umpannya:
1.      Ikan patin
2.      Ikan nila
3.      Ikan mujair
4.      Ikan gabus
5.      Ikan tawes
6.      Belut
7.      Dan ikan air tawar lainnya

Yap, cacing memang lebih dikenal digunakan untuk umpan ikan air tawar, dibandingkan dengan ikan air asin. Cacing juga jarang digunakan untuk memancing di rawa-rawa karena kemungkinan kail tersangkut ditanaman liar sekitar lebih besar.
Namun anda wajib hati-hati saat memasangkan cacing ke kailya. Karena ujung kail yang sangat tajam dan tekstur cacing yang kecil dan licin, dapat melukai tangan anda jika salah menusuk. Beberapa cara untuk memasang umpan cacing ke kail:
1.      Pastikan anda membeli sebungkus cacing, dan diwadahi. Dalam wadah, isi sedikit dengan tanah. Selain membeli, anda juga bisa mencarinya di sekitar anda, namun akan sedikit lebih ribet daripada langsung membelinya.
2.      Ambil cacing umpan anda, dan tusuk dengan ujung kail anda. Bagian yang ditusuk dari cacing adalah disekitaran ekor, namun jangan terlalu mepet. Jangan ditusuk disekitar kepala, karena hal itu akan membuat cacing akan menjauh dari kail anda. Penelitian mengatakan bahwa cacing tidak dapat merasakan rasa sakit, jadi tusuklah cacing umpan anda dengan santai dan jangan terburu-buru. Hati-hati karena ujung kail yang tajam dapat melukai tangan anda.
3.      Setelah terpasang, geser cacing ke bagian atas kail. Geser dengan hati-hati, sama seperti anda menggeser tali dari satu sisi ke sisi yang lain. Geser cacing sehingga posisinya tepat berada dibawah simpulan pancing. Agar cacing tetap aman disana, anda juga dapat mengikat cacing ke kail.
4.      Jangan tusuk cacing terlalu ujung. Sebaiknya tusuk agak ke tengah dari tubuh cacing dan tusukan agak sedikit dilonggarkan. Mengapa? Karena jika dilonggarkan, cacing dapat bergerak untuk memancing ikan. Jika terlalu erat menusuk cacing, cacing akan menjadi kaku, sehingga kurang menarik perhatian ikan.
5.      Letakkan cacing dilengkungan kail. Karena jika terlalu jauh dari itu, ikan bisa saja memakan tetapi dimasuk ke mata kail anda dan kabur dengan mudah.

Cara lain untuk memasang cacing pada kail pancingan:
1.      Metode ini lebih sulit dibandingkan dengan metode sebelumnya. Caranya, tusuk cacing secara memanjang, dan berhentilah tepat di bagian belakang kepala, tanpa menembus sisi satunya dari badan cacing. Cara ini memang beresiko untuk cacing lepas dan ikan yang tidak masuk ke kail. Namun cara ini lebih banyak memikat ikan. Walaupun banyak cacing yang anda buang, namun akan lebih banyak ikan yang akan anda dapat

Dan ini beberapa tips untuk anda yang ingin mencoba memancing menggunakan umpan cacing:
1.      Cacing tertubuh kecil dan licin, sehingga sering kali cukup sulit untuk memegangnya. Cara yang dapat anda lakukan agar cacing gampang anda pegang adalah dengan melumuri sedikit tangan anda dengan pasir bekas cacing tadi. Selain nantinya cacing mudah anda pegang, hal ini juga berguna untuk menutupi bau anda, sehingga yang ikan rasakan hanyalah cacing biasa.
2.      Selain kecil, cacing juga termasuk hewan yang lincah, sehingga cukup sulit untuk menusuknya ke mata kail. Namun, dengan menyediakan tanah dingin ( tanah yang sudah dimasukan ke kulkas sebelumnya ) membuat gerakan cacing akan melambat. Sehingga lebih mudah bagi anda untuk memasangnya ke mata pancing anda.
3.      Utamakan menggunakan cacing segar yang utuh untuk umpan ikan. Namun tidak ada salahnya juga untuk menggunakan sepotong cacing saja. Meskipun ikan memang lebih menyukai cacing segar yang utuh.

Sekian informasi cacing sebagai umpan memancing dari kami, semoga berguna untuk anda para pemancing. Jangan lupa baca artikel kami yang lain


You Might Also Like

0 comments

Like us on Facebook