Manfaat Cacing African Night Crawler (ANC)

17.11

Manfaat Cacing African Night Crawler (ANC) – Anda pasti sudah sering melihat banyak hewan yang diternakan, seperti ayam, bebek, sapi, kambing, dan lainnya. Namun ternyata, masih ada juga peternak yang tertarik untuk memelihara dan mengembangbiakan hewan-hewan kecil, yang biasa dianggap remeh namun ternyata sangat bermanfaat bagi mahluk hidup. Salah satunya adalah cacing. Meskipun kelihatan jijik dan menggelikan, cacing sangat bermanfaat bagi kehidupan mahluk hidup, terutama manusia. Salah satu cacing yang sangat berpotensi untuk diternakan adalah cacing African Night Crawler atau biasa disingkat ANC atau Eudrilus eugene.

Cacing ini dulunya berasal dari daratan tropis Afrika. Namun, sekarang sudah tersebar ke seluruh pejuru dunia, karena dibutuhkan untuk diternakan. Cacing ANC ini sangat cocok diternak terutama di Indonesia. Karena selain berguna juga untuk lingkungan sekitar, iklim di Indonesia yang juga tergolong tropis, juga mendukung pertumbuhan hewan merayap ini. Cacing ANC tergolong jenis cacing yang cukup besar ukurannya, jika dibandingkan dengan sesama cacing seperti cacing Lumbricus rubellus. Ukuran cacing ANC bisa 2 kali lipat cacing biasa, dan panjangnya dapat mencapai 30-35 cm atau setara dengan pensil. Setara dengan ukurannya, cacing ANC makan lebih banyak daripada cacing-cacing yang lain. Namun, hewan berwarna merah keunguan atau coklat ini, cenderung bereproduksi secara cepat, apabila lingkungan tempat mereka tinggali hangat dan mendukung.
Sayangnya, di Indonesia cacing ANC ini belum terlalu populer, sehingga masih jarang terlihat peternak yang membudidayakan cacing ANC ini. Padahal, hewan yang cenderung bergerak pelan ini, memiliki banyak manfaat, khususnya untuk pembuatan pupuk kompos dan pakan hewan ternak. Karena mengandung banyak protein yang baik, cacing ini dijadikan pakan ternak atau umpan ikan saat memancing oleh orang-orang sekitar. Harganya yang terjangkau pun  juga menjadi salah satu daya tarik peternak untuk memberi makan hewan ternaknya, jauh lebih hemat dan sehat dibandingkan dengan pakan yang lain, mengingat juga protein yang ada didalam cacing, tidak kalah bahkan lebih dari pada protein didalam ikan maupun daging mamalia lain. Selain itu dibidang pertanian, para petani juga memanfaatkan kotorannya untuk pemupukan dengan sistem kompos. Karena jumlah makanan yang dimakan banyak, cacing ANC juga mengeluarkan cukup kotoran untuk diolah menjadi pupuk kompos. Selain itu, menggemburkan tanah dan membuat pori-pori didalam tanah juga merupakan salah satu manfaat hewan yang hanya bisa hidup disuhu hangat ini.


Itulah tadi beberapa manfaat cacing African Night Crawler (ANC) dan seputarnya, semoga bermanfaat. Baca juga info artikel kami mengenai cacing Lumbricus Rubellus.

You Might Also Like

0 comments

Like us on Facebook