Kelebihan Pupuk Bekas Cacing

17.27

Kelebihan Pupuk Bekas Cacing – Anda pecinta tanaman pasti sudah tidak asing lagi dengan sejuta manfaat cacing. Selain digunakan untuk bahan baku obat dan makanan, cacing juga berguna untuk menyuburkan tanaman. Habitat hewan mungkin merayap ini memang sudah dari dulu di dalam tanah. Maka dari itu, cacing pun dapat secara alami menggemburkan tanah, karena di dalam tanah cacing pun menggali lubang-lubang yang berguna untuk jalan masuk serta keluar, dan untuk pernafasannya. Tak jarang, orang banyak mengatakan, bila tanah penuh dengan cacing, artinya tanah tersebut 100% subur.
Hasil Tanaman Dengan Pupuk Kascing
Kali ini, kita akan membahas manfaat lain dari hewan invetebrata ini, yaitu kotorannya. Kotoran cacing biasanya juga dimanfaatkan oleh para petani, untuk digunakan sebagai pupuk organik. Biasanya pupuk ini disebut pupuk bekas cacing atau
kascing. Berbeda dengan pupuk lainnya termasuk pupuk kompos, kascing sendiri termasuk pupuk organik, tanpa campur bahan kimia apapun. Biasanya, kascing dicampur dengan sisa-sisa makanan, sayuran, bangkai hewan, daun-daunan, dan lainnya.
Tentu saja kascing juga menyimpan banyak kelebihan, diantaranya:
1.      Peningkatan pertumbuhan
Pupuk kascing terbukti dapat meningkatkan pertumbuhan tumbuhan secara vegetatif maupun generatif. Dibandingkan dengan pupuk lainnya, pertumbuhan menggunakan pupuk kascing lebih efektif, Karena kandungan zat yang ada didalam cacing.
2.      Organik
Pupuk kascing termasuk pupuk organik karena bahannya terbuat memang dari bahan organik. Cacing biasanya dicampur dengan bekas sayur-sayuran, daun-daunan, dan lain-lain. Jadi pupuk kascing ini tidak dicampur bahan kimia sama sekali.
3.      Tidak menyimpan panas
Terkadang tanah juga dapat rusak karena pupuk yang dipakai bersifat terlalu panas. Nah, pupuk kascing ini terbilang bukan pupuk yang bersuhu panas, dan dapat mensterilkan suhu di tanah sekitar. Jadi tidak akan merusak tanah.
4.      Tidak bau
Walaupun biasanya dicampurkan dengan bahan-bahan yang cepat busuk atau terfermentasi, pupuk kascing sama sekali tidak berbau, malah justru menghilangkan bau dari bahan-bahan terfermentasi tersebut. Zat-zat didalamnya yang berguna untuk menyuburkan, selain itu juga dapat menghilangkan bau pada bahan campuran lainnya.
5.      Peptisida alami
Pupuk kascing juga dapat menjadi bio peptisida atau peptisida alami yang dapat membasmi hama di perkebunan ataupun pertanian.
6.      Tidak memerlukan banyak biaya
Biayan pembuatan pupuk kascing dapat dibilang tidak terlalu mahal. Pupuk kascing yang berbahan utama cacing ini, juga dapat dicampurkan dengan bahan-bahan organic di sekitar kita, seperti bekas sayur-sayuran, bekas buah-buahan, daun-daunan, bangkai, dan yang lainnya.
7.      Mudah dalam pembuatannya
Pembuatan pupuk kascing pun terbilang mudah dan dapat dilakukan sendiri, jika anda memang suka sibuk. Pertama, siapkan dulu media tempat cacing, seperti tanah dan campuran bahan organic laiinya. Siram air secukupnya, agar suasana didalam menjadi lembab. Masukan cacing, dan tunggu sampai cacing benar-benar masuk ke dalam media yang sudah disediakan. Setelah itu tutuplah dengan pelepah pisang, agar kelembabannya terjaga. Nah, dalam kurun waktu sebulan, selain dapat memanen cacing, anda juga dapat memanen pupuk kascingnya. Namun ingat, cacing harus diberi makan setiap hari, agar tidak gagal.
8.      Dapat dipakai terus menerus
Pupuk kascing ini sudah 1000% alami dan merupakan pupuk organik. Jadi jika digunakan dalam jangka panjang dalam pemakaian perkebunan maupun pertanian, tanah di sekitarnya tidak akan terganggu dan rusak, melainkan menjadi bertambah subur. Karena itu pupuk kascing dapat dipakai terus menerus. Lain halnya dengan pupuk kimia, yang bila digunakan secara terus menerus, dapat merusak lingkungan di sekitarnya serta hasil panen. Meskipun tanaman yang diberikan pupuk kascing akan lebih lama berbuah dan dipanen daripada pupuk kimia, namun hasil panennya pun tidak kalah dengan penggunaan pupuk kimia. Jadi anda pilih tanaman anda akan rusak namun cepat berkembang, atau tanaman anda akan subur terus namun agak lama tumbuh?
9.      Campuran media tanam
Selain menjadi pupuk, kascing juga sudah sangat baik untuk dijadikan media tanam, tanpa dicampur bahan lain.
10.  Kandungan nutrisi yang tinggi
Kandungan nutrisi pada cacing saja sudah sangat tinggi, apalagi proteinnya. Cacing terbukti mengandung 40 jenis protein berbeda, dengan besar 72% protein, dan zat-zat baik lainnya. Jika dijadikan pupuk kascing, jelas saja pupuk tersebut mengandung nutrisi yang baik untuk tanaman. Selain karena zat yang sudah ada didalam cacing sendiri, nutrisi didalam pupuk kascing juga bergantung dari makanan yang dimakan oleh cacing.
11.  Dapat digunakan diseluruh bagian pada tanaman
Pupuk kascing selain dapat langsung dituang ditanah, juga dapat dijadikan cairan dengan cara mencampurkannya dengan air lalu disemprot ke bagian daun tanaman. Ampas pupuk kascing cair sendiri juga tetap dapat digunakan untuk diletakan diakar agar akar cepat berkembang. Ohya, pupuk kascing juga dapat menghilangkan jamur. Jadi jika daun tanaman anda berjamur, mungkin anda dapa mencoba pupuk kascing yang dicampurkan dengan air.
Zaman sekarang pun sudah banyak dari pengusaha perkebunan dan pertanian yang menggunakan pupuk kascing, karena sejuta manfaat yang ditawarkannya. Apa anda tertarik?
Sekian tentang Kelebihan Pupuk Bekas Cacing. Sangat recommended untuk anda yang memiliki perkebunan, pertanian, maupun hobi bertanam. Kami juga menyediakan Pupuk Bekas Cacing DI SINI

You Might Also Like

0 comments

Like us on Facebook