5 Umpan Ikan Terbaik

01.37

5 Umpan Ikan Terbaik -  Mungkin sebagian besar dari anda pasti sudah tidak asing lagi dengan aktifitas memancing. Olah raga satu ini banyak diminati oleh masyarakat, walaupun harus melatih kesabaran, kecepatan dan ketepatan saat menangkap ikan. Banyak tempat yang biasanya dipakai untuk memancing, seperti kolam pemancingan, danau, sungai, laut dan lainnya. Jenis-jenis ikan pun beragam, mulai dari ikan air tawar dan air asin. Salah satu unsur penting dari memancing, selain alat pancing, adalah umpan. Karena umpan yang menariklah yang hanya diminati oleh ikan. Berikut ini adalah 5 umpan ikan terbaik, antara lain:
1.      Cacing

Umpan yang satu ini pasti sudah tidak asing lagi ditelinga para pemancing ikan air tawar, seperti ikan patin, ikan nila, ikan mujair, ikan tawes, dan lainnya. Selain mudah ditemukan, hewan kecil ini
juga sangat menarik perhatian ikan, entah dari gerak geriknya maupun baunya. Dari 1800 spesies cacing, biasanya yang dijadikan sebagai umpan untuk ikan adalah spesies cacing merah atau Lumbricus Rubellus. Cacing ini biasanya dijual, atau pun jika ingin sedikit repot, bisa mencarinya di tanah gembur. Cacing ini bergerak cukup lincah dan gesit, sehingga lumayan menguras tenaga saat akan memasukannya ke kail. Selain cacing merah, cacing tanah, cacing fosfor, dan cacing bayam pun dapat digunakan sebagai umpan untuk memancing. Jika ingin menggunakan cacing sebagi umpan memancing anda, sebaiknya sebelum memegangnya anda melapisi tangan anda dengan tanah. Cacing merupakan hewan yang lincah, karena itu agar memudahkan untuk mengaitkannya ke kail pancingan, sebaikan pegang cacing menggunakan tangan yang sudah di lumuri tanah. Selain lebih mudah saat memegang tubuh cacing yang licin, juga aroma tanah anak menimbulkan efek alami dari cacing itu sendiri, untuk ikan. Jadi, cacing juga akan tertarik untuk memakan umpan cacing anda.  Ada beberapa cara untuk mengaitkan cacing di kail pancingan. Cacing dapat dikaitkan dengan cara memanjang, dari kepala ke ekor tanpa membelah menjadi 2 tubuh cacing. Dan yang kedua, dapat di kaitkan seperti biasanya.
2.      Udang
Selain cacing, udang juga dapat digunakan sebagai umpan pancing untuk ikan tawar. Udang memang adalah makanan alami dari ikan-ikan tersebut. Tidak hanya ikan air tawar saja, udang juga biasanya digunakan untuk umpan ikan air payau maupun air asin alias laut. Biasanya, udah yang digunakan adalah udang kecil-kecil yang banyak berada di rawa-rawa. Kondisi udang pun lebih baik yang segar, dan telah dikupas kepalanya, tapi jika tidak dikupas juga tidak masalah. Untuk menarik indra penciuman ikan, udang juga bisa ditambah dengan perasa udang, agar bau tajam udang yang amis dapat menarik perhatian ikan untuk memakannya. Caranya juga gampang. Kumpulkan udang disuatu wadah, campurkan dengan perasa udang, aduh rata, lalu udang siap untuk dikaitkan pada kail pancing.
3.      Pelet

Pelet memang memiliki banyak jenis dan campuran. Biasanya, selain digunakan untuk umpan memancing, pelet juga digunakan untuk pakan ternak ikan. Alasannya, karena pelet memiliki kandungan gizi yang baik untuk ikan. Namun, karena harganya yang cukup tinggi akhirnya pelet biasa digantikan dengan alternative lain. Tapi, untuk umpan memancing anda juga dapat menggunakan pelet yang dibuat sendiri, tanpa harus membeli, dengan campuran yang ada. Jika tidak ingin repot, bisa juga membelinya, namun tidak udah dalam skala besar, secukupnya saja hanya untuk memancing.
4.      Belut
Selain bisa dipancing, belut pun juga dapat dijadikan sebagai umpan ikan, terutama ikan lele. Ikan lele yang terkenal aktif dimalam hari sangat menyukai umpan belut. Namun lebih baik jika sebelum dijadikan umpan, belut dapat direbus, dibakar, maupun digoreng. Tapi tidak seluruh badan belut langsung dijadikan umpan. Belut harus dipotong dadu terlebih dahulu dan dimasak, setelah itu belut bisa dijadikan sebagai umpan. Khusus untuk belut yang diolah dengan dikukus, sebaiknya belut dikukus hidup-hidup, agar tidak meninggalkan darah dari tubuhnya. Dan saat direbut dapat ditambahkan daun sereh atau pandan.
5.      Belalang
Hewan kecil ini juga dapat digunakan sebagai umpan untuk memancing ikan, terutama ikan gabus. Jika memakai belalang sebagai umpan, ada baiknya jika belalang tersebut masih dalam keadaan hidup. Belalang biasanya dikaitkan di kail dengan posisi memanjang dari kepala sampai ke ekor.
            Sebenarnya umpan ikan sendiri dibagi menjadi 2 jenis, hidup dan mati. Jika umpan hidup terdiri dari hewan seperti contoh diatas, cacing, udang, belut, belalang, jangkrik, dan hewan lainnya. Umpan mati adalah kebalikannya, dimana umpan tersebut tidak hidup, seperti pelet, tanaman, daun-daunan, dan lainnya.
Nah, sekarang kalau anda ingin makan ikan, tidak perlu membelinya di pasar. Pancing saja sendiri. Karena selain melatih ketangkasan, memancing juga melatih kesabaran dalam menunggu umpan untuk dimakan. Umpan-umpan diatas juga bisa dijadikan untuk umpan saat perlombaan memancing lho. Sudah terbukti bahwa 5 umpan diatas adalah umpan terbaik kesukaan ikan. Jadi, umpan yang mana kesukaan anda?

            Sekian 5 umpan ikan terbaik dari kami, semoga bermanfaat bagi anda sekalian dalam hal memancing, terutama mendapatkan banyak ikan.

You Might Also Like

0 comments

Like us on Facebook